Masa Kehamilan

Pada masa kehamilan, rahim yang normal 30 gram akan membesar hingga mencapai berat sekitar 1000 gram. Pembesaran terutama terjadi pada badan rahim, fundus, dan sebagian leher rahim. Leher rahim bagian bawah baru akan mengalami perubahan pada bagian akhir kehamilan dan akan membuka pada saat persalinan. Pada saat bayi lahir, badan rahim, leher rahim, dan vagina membentuk suatu saluran jalan lahir dengan diameter sekitar 10 cm. Selama masa kehamilan, rahim berubah dari jaringan yang padat menjadi lunak. Sebagai perbandingan pada wanita tidak hamil leher rahim pada perabaan terasa keras seperti ujung hidung. Pada wanita hamil lunak seperti bibir. Fakta ini menyebabkan tindakan kuret pada pengguguran kehamilan menjadi sangat berbahaya. Kesalahan sedikit dapat menusuk dinding rahim dengan resiko pendarahan yang sangat sukar dihentikan. Untuk mengatasi pendarahan dan menyelamatkan jiwa wanita kadang-kadang rahim harus dibuang.

Selama dalam kandungan pada masa kehamilan, janin hidup dari makanan dan oksigen yang berasal dari ibu. Kebutuhan itu disalurkan lewat placenta (bali). Placenta mempunyai kemampuan untuk menyaring zat yang masuk menuju janin. Kemampuan ini dinamakan placental barrier, yang mengahalangi bakteri dan virus masuk menginfeksi janin. Kadang-kadang kehamilan mengalami kegagalan tanpa disertai tanda-tanda abortus yang jelas. Dalam keadaan demikian maka placenta terus tumbuh tetapi dalam bentuk yang menyerupai anggur (mola hydatidosa). Wanita bersangkutan tetap merasakan pembesaran perutnya yang setelah beberapa bulan diketahui berisi kelainan berupa tumor placenta itu. Statistik menunjkkan bahwa usia yang paling menguntungkan bagi wanita untuk hamil adalah antar dua puluh sampai pertengahan tiga puluh. Selama periode ini masalah yang muncul lebih sedikit dibanding jika wanita hamil diusia belasan, akhir tiga puluh atau empat puluh. Meskipun demikian, tingkat kelahiran untuk anak pertama pada usia tiga puluh dan empat puluh saat ini tampaknya lebih tinggi dari sebelumnya.

Meskipun wanita usia belasan maupun tiga puluhan menghadapi resiko kehamilan yang lebih besar, seorang wanita hamil yang sehat terlepas dari usianya, kemugnkinan besar akan melahirkan bayi yang sehat. Jika Anda masih remaja dan hamil, Anda memiliki kekuatan dan kebuthan khusus. Tubuh Anda yang masih muda sangat kuat. Kemungkinan untuk menjalani kehamilan yang sehat cukup baik, khususnya jika Anda merawat diri dengan baik misalnya dengan mengonsumsi makanan bergizi pada masa kehamilan muda ini. Mulai mengunjungi dokter atau bidan sejak awal kehamilan, dan menjauhi alkohol, obat-obatan serta rokok.

 

 

=====================================

>>> Ikuti Program Cepat Hamil Inti K&K, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Cara Cepat Hamil and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.